Sunday, April 12, 2020

Manusia dan Keadilan


Definisi

        Berdasarkan istilah, adil berarti tidak berat sebelah atau tidak memihak. Keadilan merupakan perlakuan yang sama sesuai dengan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap orang di dalam masyarakat. Konsep keadilan digunakan untuk menghindari tindakan sewenang-wenang dari pemegang kekuasaan atau masyarakat lainnya. John Rawls, seorang filsuf Amerika yang telah dianggap sebagai salah satu filsuf politik terkemuka sekitar abad ke-20, mengatakan bahwa “keadilan adalah kebajikan pertama dari sebuah lembaga sosial seperti yang ada dalam sistem pemikiran”. Akan tetapi, beragamnya dan banyaknya teori keadilan, menunjukkan bahwa apa yang dituntut dari suatu keadilan tidak jelas dan faktanya tidak adil karena definisi keadilan tidak jelas. Keadilan ialah termasuk dalam dasar dari segalanya.

Selain John Rawls, berikut beberapa pengertian keadilan lainya menurut para ahli:
  • AristotelesMenggemukakan bahwa keadilan ialah tindakan yang terletak diantara memberikan terlalu banyak dan juga sedikit yang dapat diartikan ialah memberikan sesuatu kepada setiap orang sesuai dengan memberi apa yang menjadi haknya.

  • Magnis Suseno
    Menggemukakan pendapatnya mengenai pengertian keadilan ialah keadaan antarmanusia yang diperlakukan dengan sama ,yang sesuai dengan hak serta kewajibannya masing-masing.

  • Thomas Hubbes
    Menggemukakan bahwa pengertian keadilan ialah sesuatu perbuatan yang dikatakan adil jika telah didasarkan pada suatu perjanjian yang telah disepakati.

  • Plato
    Menggemukakan bahwa pengertian keadilan ialah diluar kemampuan manusia biasa yang mana keadilan tersebut hanya ada di dalam suatu hukum dan juga perundang-undangan yang dibuat oleh para ahli .

  • W.J.S Poerwadarminto
    Menggemukakan bahwa pengertian keadilan ialah tidak berat sebelah yang artinya seimbang, dan yang sepatutnya tidak sewenang-wenang.

  • Notonegoro
    Menggemukakan bahwa keadilan ialah suatu keadaan yang dikatakan adil apabila sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


Makna Keadilan 

     Keadilan berarti memberi terhadap mereka yang benar-benar, misalnya hak untuk hidup yang cukup, hak untuk memilih kepercayaan atau agama, hak untuk pendidikan, hak untuk bekerja, klik kanan pada sesuatu, hak untuk pendapat yang disebutkan dan lain-lain.
Keadilan yakni telah mengacu dalam suatu tuntutan, keadaan, dan kebaikan, diantaranya ialah sebagai berikut:
  • Keadilan adalah ”Tuntutan” yang menyerukan penciptaan negara yang adil dengan melakukan apa yang diminta dan dengan melakukan ketidakadilan.
  • Keadilan ialah “Keadaan” berarti bahwa semua pihak mendapatkan apa yang pantas dan diperlakukan sama. Misalnya, di negara atau lembaga yang diberi keadilan, setiap orang diperlakukan dengan cara adil (tanpa memandang suku, ras, agama, atau sekte).
  • Keadilan adalah “Keutamaan”, yang merupakan tekad dan sikap untuk melakukan hal yang benar.

Contoh Keadilan
         Untuk dapat memahami contoh keadilan yang akan diberikan, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu Macam-Macam Keadilan. Berikut beberapa macam keadilan dalam kehidupan masyarakat:
  1. Keadilan Distributif, Keadilan terkait hubungan warga negara dengan negaranya. Dalam arti lain, negara yang wajib memenuhi keadilan terhadap warga negaranya dalam bentuk kesejahteraan bantuan, subsidi dan kesempatan yang sama sesuai dengan hak dan kewajibannya.
  2. Keadilan Komutatif, Keadilan terkait hubungan warga negara yang satu dengan warga negara yang lainnya secara timbal balik. Keadilan ini merupakan dasar pertalian dan ketertiban dalam masyarakat.
  3. Keadilan Legal, Keadilan terkait kewajiban warga negara terhadap negaranya dengan menjalankan aturan yang berlaku demi kebaikan warga negara sendiri.
Berikut contoh-contoh keadilan dalam masyarakat:
  • Keadilan di Lingkungan SekolahSemua murid mengenakan seragam yang sama tanpa membedakan latar belakang muridGuru tidak membeda-bedakan murid yang satu dengan murid lainnya berdasarkan prestasi yang dimiliki. Murid yang melanggar peraturan tetap diberi sanksi meskipun murid tersebut berprestasi di sekolahnya. Dan masih banyak lagi.
  • Keadilan dalam Lingkungan KeluargaOrang tua tidak pilih kasih terhadap anak-anaknya. Setiap anggota keluarga memiliki tugas masing-masing dalam pekerjaan rumah. Misalnya ayah bekerja, ibu mepersiapkan makanan dan segala perlengkapan yang dibutuhkan anaknya. Kakak membersihkan rumah dan adik membersihkan halaman.
  • Keadilan dalam bidang HukumKoruptor yang umumnya adalah pejabat diadili sesuai dengan hukum yang berlaku. Salah satu contohnya adalah Angelina Sondakh yang hukumannya semakin berat ketika mengajukan banding. Namun, terkadang hukum juga tidak menunjukkan keadilan ketika terdapat koruptor yang memiliki fasilitas mewah di sel lebih dari yang didapatkan masyarakat umum.
Makna Sila-5 Pancasila

"Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia"
       Keadilan Sosial Merupakan salah satu sifat masyarakat yang penuh dengan keadilan dan makmur dalam berbahagia Aspek bagi semua orang, Istilah adil disini Adalah suatu perbuatan yang menunjukkan bahwa seseorang harus memiliki rasa simpati terhadap apa yang menjadi Haknya.

   Keadilan Sosial berarti tidak mementingkan diri sendiri saja, tetapi harus mengutamakan kepentingan umum, yang di dasari oleh tidakan individu dan egoistik. Tetapi salah satu perbuatan yang semacam ini terkandung Nilai -Nilai Keadilan tersebut didasari oleh hakekat keadilan manusia.

      Keadilan yang Berhubungan dengan Manusia atau Dengan dirinya sendiri, Maka manusia harus memiliki rasaprikemanusiaan Dalam bermasyarakat, Berbangsa dan negaranya. Oleh karena itu Masyarakat Indonesia dikatakan pula sebagai makhluk Monopruralisme, Yang seimbang dalam Bermasyarakat hal semacam ini juga ditandai oleh kurang lebih 100juta rakyat Indonesia, Yang berada di Dalam bawah garis kemiskinan. Secara garis besar sila kelima Pernah mengalami masalah atau kekurangan dalam kesejahteraan sosial yang tidak merata.

Nilai-Nilai yang Terkandung Sila ke 5

       Keadilan Sosial Mempuyai istilah bermasyarakat adil , makmur berbahagia kehidupan individu maupun dalam bermasyarakat untuk semua orang, tidak mengedepankan kepentingan peribadi Apalagi Penghinaan dalam bermasyarakat. Istilah adil Bahwa menunjukkan orang harus memberi kepada orang lain apa yang menjadi haknya dan tahu mana haknya sendiri serta tahu apa kewajibannya kepada orang lain dan dirinya.

Beberapa sikap keadilan sosial bagi seluruh rakyat inonesi, Yang saling berhubungan dengan perilaku kita dalam kehiupan sehari – hari atau kepada semua Orang Adalah :
  1. Harus bisa Berusaha sekuat mungkin menolong orang lain sesuai kemampuan
  2. Harus bisa Menghargai hasil karya buatan orang lain
  3. Tidak Boleh mengintimidasi seseorang dengan hak milik kita
  4. Harus Bisa Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan
  5. Harus Bisa Menghormati hak maupun kewajiban orang lain
    Pada hakekatnya Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, Hal semacam ini manusia menginginkan Supaya unsur-unsur tersebut dapat perlakuan dengan baik, Supaya Bisa berfungsi sebagai makhluk manusia. Sangat tidak mungkin jika Seseorang hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa Adanya memperhatikan kepentingan masyarakat, Sebaliknya dalam Hidup bermasyarakat juga tidak Mungkin melupakan kepentingan dirinya Tanpa mementingan Bangsa Indonesia dalam menjalankan tugas hidupnya Yang bersifat sosial Atau berlaku adil terhadap sesama.

    Adapun makna yang terkandung dalam sebuah Kalimat Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, Adil kepada Diri Sendiri maupun adil kepada hak – hak Terhadap Orang lain, Bahkan kepada masyarakat bangsa dan Negara Republik Indonesia.

      Akan tetapi Negara harus Betindak dengan keadilan supaya masyarakat indonesia bisa menikmati kalimat keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia yang terkandung dalam makna Pancasila. Maka kemakmuran hanya Dalam masalah waktu, dan kesejahteraan akan terwujud.

Kejujuran dan Kecurangan

     Kejujuran atau jujur artinya perkataan yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada itu adalah kenyataan yang benar-benar ada. Jujur juga berarti apa yang kita ucapkan sama dengan apa yang kita lakukan. Dan jujur juga bisa dalam artian menempati janji, mau yang telah terucap atau yang masih dalam hati nurani. Teguhlah pada kebenaranmu, sekalipun kejujuran lebih menyakitkan, serta janganlah berdusta meski dusta itu dapat menguntungkanmu.
       Kecurangan atau curang identik dengan ketidakjujuran atau tidak jujur. Curang atau kecurangan artinya apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan dan berusaha mendapatkannya dengan berbagai cara, walaupun dengan cara yang tidak baik/tidak sepantasnya. Kecurangan menyebabkan orang menjadi serakah, tamak, ingin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap sebagai orang yang paling hebat, paling kaya, dan senang bila masyarakat disekelilingnya hidup menderita.

      Salah satu contoh kecurangan dan kejujuran dalam pemrograman adalah seringnya terjadinya plagiarisme. Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Tidak sedikit programer mencuri coding yang dimilliki orang lain dan menklaim kalau coding dan hasil program itu adalah perkerjaanya dia. Seseorang yang jujur tentunya tidak akan melakukan hal seperti itu, Memberi refrensi atau asal dimana dia mendapatkan code atau yang dikenal international "Giving credit to the creator" adalah salah satu contoh yang biasa dilakukan orang-orang yang jujur.

No comments:

Post a Comment