Wednesday, September 30, 2020

Berita Televisi di Era Digital, Apankah Akan Tidak Terpakai?

     Menurut saya jawabanya akan tidak terpakai sebagai sumber utama untuk mencari berita, namun tidak dalam waktu yang dekat. Maksud dari sumber utama ini adalah karena biasanya orang akan mencari berita secara aktif akan menonton channel-channel berita yang ada di televisi. Dengan memberikan visual untuk menarik penonton sekaligus reporter yang memberikan berita yang bisa saja sangatlah fresh (baru) ataupun berita yang cukup lama ataupun berita secara langsung (live) yang tentunya lebih unggul dari media-media lainya misalkan seperti koran yang hanya bisa dibaca ataupun radio yang hanya dapat didengar.

    Namun sama dengan radio dan koran seiring waktu ada media yang dapat memberi informasi atau berita yang lebih cepat dan lebih simple, yaitu melalui internet. Dengan adanya internet yang bisa kita akses dimana saja, kita bisa mendapat berita lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan harus menonton channel berita di tv pada suatu tempat. Pada saat ini juga mayoritas orang-orang yang menonton channel berita pada telivisi hanyalah orang-orang yang biasanya sudah berumur, sedangkan walaupun pastinya tetap ada beberapa remaja yang menonton channel berita tv, namun biasanya tv bukan merupakan sumber utama mereka mencari ataupun mendapatkan berita dari televisi namun dari internet. Bahkan bukan remaja saja orang-orang yang biasanya hanya mendapatkan berita dari telivisi saja juga sudah mulai beralih ke Internet karena bagaimana cepatnya berita-berita dan informasi yang dapat disebarkan melalui internet. Selain itu kita juga dapat mencari berita yang kita ingin dimana saja dan kapan saja berbeda dengan televisi yang memiliki jadwal penyiaraan. Tentunya dengan anak-anak muda dan para orang tua yang perlahan beralih ke Internet, Stasiun-stasiun televisi pun juga memanfaatkan internet dengan cara seperti mengupload video berita mereka baik di website mereka sendiri ataupun streaming service lainya seperti YouTube. Alhasil tentunya televisi akan semakin jarang digunakan.

    Kesimpulanya dengan banyaknya anak-anak muda yang menggunakan internet untuk mencari berita dan perusahaan-perusahaan ataupun stasiun televisi yang sekarang juga aktif memberikan berita melewati internet, Untuk sekarang masih akan banyak orang orang masih akan aktif menggunakan televisi sebagai sumber utama untuk mendapatkan berita dan mencari berita, Namun seiring waktu orang - orang akan mendapatkan berita ataupun mencari berita melalui internet, sedangkan televisi walaupun masih ada yang menggunakan, akan jarang orang-orang mencari ataupun mendapatkan berita secara aktif melalui televisi, sama halnya seperti koran ataupun radio secara perlahan televisi akan menjadi tempat pecarian berita yang inferior dan mulai ditinggalkan oleh generasi yang akan datang

No comments:

Post a Comment