Saturday, June 13, 2020

Kegelisahan


·       Pengertian

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, gelisah ini berartikan tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tenteram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

 

·       Macam – macam kecemasan


o   Kecemasan Obyektif


Kegelisahan ini diakibatkan oleh suatu kecemasan tentang suatu pengalaman atau perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Kecemasan akibat dari kenyataan yang pernah dialami sangat terasa bilamana pengalaman itu mengancam eksistensi hidupnya, karena seseorang tidak mampu mengatasinya waktu itu terjadilah kemudian apa yang disebut stress.

 

o   Kecemasan Neorotis (Syaraf)


Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah. Menurut Sigmund Freud, kecemasan ini dibagi menjadi tiga macam yakni:

 

1.      Kecemasan ditimbulkan karena penyesuaian hati dengan lingkungan. Kecemasan timbul karena orang tersebut takut akan bayangannya sendiri, atau takut akan dirinya sendiri, sehingga menekan menguasai ego. Kecemasan semacam ini menjadi sifat dari seseorang yang gelisah yang selalu mengira bahwa sesuatu yang hebat akan terjadi.

2.      Bentuk ketakutan yang tegang dan irasional (phobia). Bentuk khusus dari phobia adalah bahwa intensitet ketakutan melebihi proporsi yang sebenarnya dari obyek yang ditakutannya.

3.      Rasa takut lain ialah rasa gugup, gagap dan sebagainya. Reaksi gugup ini adalah perbuatan meredekan diri yang bertujuan membebaskan seseorang dari kecemasan neoritis yang sangat menyakitkan dengan jalan melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh diri sendiri meskipun ego dan superego melarangnya. Misalnya seseorang yang tidak bisa menyanyi atau berbicara didepan umum sehingga ia merasa gelisah, gemetar, dan hilang keseimbangan, sehingga sulit berbicara atau bernyayi.

 

o   Kecemasan Moril

 

Kecemasan moril desebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki macam-macam emosi antara lain: iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang. Rasa iri, benci, dengki, dendam itu merupakan sebagian dari pernyataan individu secara keseluruhan berdasakan konsep yang kurang sehat. Oleh karena itu sering alasan untuk iri, benci, dengki itu kurang dapat dipahami orang lain. Sifat-sifat seperti itu adalah sifat yang tidak terpuji bahkan mengakibatkan manusia akan merasa khawatir, takut, cemas, gelisah dan putus asa. Misalnya sesorang yang merasa dirinya kurang cantik, maka dalam pergaulannya ia terbatas kalau tidak tersisihkan, sementara itu ia pun tidak berprestasi dalam berbagai kegiatan, sehingga kawan-kawannya lebih diniai sebagai lawan. 

·       Sebab-sebab keglisahan


o   Keterasingan

Keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata ini berasal dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang. Schingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atau terpencil. Jadi kata keterasingan berarti hal - hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain. Terasing atau keterasingan adalah bagian hidup manusia. Sebentar atau lama orang pernah mengalami hidup dalam keterasingan, sudah tentu dengan sebab dan kadar yang berbeda satu sama lain.

 

o   Kesepian

Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lenggang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian, karena kesepian bagian hidup manusia. Lama rasa sepi itu bergantung kepada mental orang dan kasus penyebabnya. Kesepian itu akibat dari keterasingan. Keterasingan dapat discbabkan sikap buruk seperti sombong, angkuh, keras kepala, yang membuat manusia diasingkan oleh kehidupan sosialnya.

 

o   Ketidakpastian

Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tanpa arah yang jelas atau tanpa usul-usul yang jelas. Ketidakpastian adalah sebutan yang digunakan dengan berbagai cara disejumlah bidang termaksud filosofi statistika, matematika, dan lainya.

 

·        Contoh Kegelisahan


Seseorang dapat gelisah dikarenakan sebuah antisipasi mengenai sesuatu yang orang tersebut tidak ketahui hasilnya namun akan terjadi, hal-hal seperti pembagian nilai ulangan ataupun menjadi koordinator ataupun seorang host dari suatu acara. Seseorang tersebut tahu kalau hal tersebut akan terjadi dalam pada waktu yang telah tertentukan, namun ia tidak tahu apa yang akan terjadi saat waktu itu tiba, apakah nilai nya akan bagus? ataukah jelek? ,apakah acara yang dikoordinasikan akan lancar? Dan sebagainya. Hal - hal yang tidak diketahui pasti tersebut akan membuat seorang gelisah.

 

·        Usaha mengatasi Kegelishan

o   Tenang

Bersikap tenang dengan mengontrol diri agar pikiran kita rileks akan mengurangi kegelisahan dalam pikiran kita

o   Optimis
Tidak memikirkan hal-hal yang negative dan berpikiran positive membantu pikiran kita gar tidak gelisah

o   Teman bicara

Memiliki seseorang untuk menceritakan masalah kita adalah sesuatu hal yang baik untuk membuat kita tidak gelisah, mendengarkan pendapat dan sarang dari orang yang kita ceritakan tentunya akan membantu kita untuk rileks pikiranya dan tidak gelisah


No comments:

Post a Comment